Pemkab Solok Terima Kunjugan Studi Tiru Pemkab Bogor

By admin 04 Agu 2022, 08:48:06 WIB E-government
Pemkab Solok Terima Kunjugan Studi Tiru Pemkab Bogor

 

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor melakukan kunjungan studi tiru ke Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Solok. Kedatangan rombongan dari Dinas Kominfo Kabupaten Bogor yang dipimpin oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bogor Bayu Ramawanto itu disambut dengan hangat oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Solok Teta Midra, S.STP, M. Si beserta jajaran di Ruang Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Solok, Rabu (20/07/22).

Tampak hadir juga Kepala Disdukcapil Kabupaten Solok, Ricky Carnova, Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Solok, Syafriwal, S. Kom, M. CIO, Jajaran Dinas Kominfo Kabupaten Solok serta rombongan dari Diskominfo Kabupaten Bogor.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bogor Bayu Rahmawanto mengucapkan terimakasih kepada jajaran Dinas Kominfo Kabupaten Solok karena telah menyambut kedatangannya beserta rombongan di Dinas Kominfo Kabupaten Solok ini. “ Kedatangan kami kesini dalam rangka studi tiru implementasi Smart City khususnya Smart Living karena dari pantauan kami kabupaten solok termasuk yang berhasil dlm implementasi Smart City khususnya Smart Living ditandai dengan diperolehnya penghargaan smart living di 2021 kemaren“ ujarnya.

“ Bagaimana penyiapan smart city, Implementasi smart city, kemudian Akselerasi program smart city.  Mudahan kita di dapat belajar, dan berharap dapat diterapkan di Kabupaten Bogor nantinya ” sambungnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Solok Teta Midra, S. STP, M. Si menjelaskan Pada Tahun 2018 Kabupaten Solok termasuk ke dalam 100 Kabupaten Kota yang dipilih untuk mengikuti penilaian (assessment) Program Gerakan Menuju 100 Smart City Tahap II yang dilaksanakan pada 5-7 Maret di Jakarta, dan Alhamdulillah lulus seleksi dan dipilih ke dalam 50 Kabupaten/Kota yang akan dijadikan sebagai (role model) dalam mengimplementasikan Program Smart City, ini merupakan langkah awal dan langkah stategis menuju smart city kabupaten solok. Pada Tanggal 08 Mei 2018 Kabupaten Solok juga telah menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan nomor : 40/KOMINFO/HK.03.02/05/2018/ dan nomor: 100/005/KSD/2018 tentang Implementasi Gerakan Menuju 100 Smart City Kabupaten Solok

“ Kebijakan mengenai smart city kabupaten solok ini tercantum dalam Peraturan Bupati Nomor 44 Tahun 2019 tentang rencana induk Smart City kabupaten solok tahun 2019 – 2020 dan terdapat juga dalam Keputusan bupati solok nomor 490 – 362 – 2020 tentang Perubahan atas keputusan bupati nomor 490-235-2018 tentang  pembentukan dewan kota cerdas (smart city) kabupaten solok” ujarnya.

Lebih lanjut Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Solok Teta Midra mengatakan dalam rangka implementasi program smart city, kabupaten solok memilik inovasi dianataranya WISI ( Wisuda Imunisasi ) yang merupakan program inovatif dari puskesmas batu bajanjang  tigo lurah dengan tujuan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap imunisasi dasar lengkap dan imunisasi dasar. SAIYO RSUD merupakan sebuah aplikasi yang diterapkan di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Solok, dengan menggunakan aplikasi SAIYO RSUD ini masyarakat mendapatkan fitur registrasi online, informasi kamar, informasi antrian dan pengecekan jadwal dokter. Perizinan Online pada dimensi smart governance yang diterapkan oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Solok, Aplikasi Perizinan Sicantik Cloud tidak diterapkan karna sudah menggunakan Aplikasi OSS (Online Single Submision) yang di kembangkan Oleh Kementrian Investasi/BKPM dengan bentuk proses perizinan berusaha dan SISFO IZIN dikembangkan oleh DPMPTSPNAKER Kabupaten Solok dalam penerapan  perizinan dengan jenis non berusaha dan non perizinan.

“ Kabupaten solok juga telah membentuk dewan Smart City yang memiliki tugas dan tanggung jawab merumuskan kebijakan umum dan strategis terkait pembangunan smartcity kabupaten solok , Menyusun rencana aksi baik yang bersifat kebijakan maupun teknis, melakukan koordinasi an Kerjasama lintas sectoral dengan berbagai instansi termasuk instansi vertical dan dunia usaha sesuai kebutuhan, mengatur integrasi layanan aplikasi smart city di internal pemerintah kabupaten solok, provinsi maupun pusat” Tutup Kepala Dinas Kominfo Kab Solok Teta Midra.

Setelah mendengar penjelasan tersebut Kepala Dinas Kabupaten Bogor Bayu Rahmawanto Mengucapkan terimkasih kepala Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Solok, “ Terimakasih atas penjelasan dan ilmu yang talah diberikan Ibu Kepala Dinas  kominfo kabupaten solok beserta jajaran “ tutur nya

“ Mudah - mudahan studi tiru yang kami lakukan ini dapat bermanfaat dan bisa kami implementasikan di dalam Pemerintahan Kabupaten Bogor “ harap Kadis Kominfo Bogor Bayu Rahmawanto.(Admin)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment