- Rapat Staf Perdana, Teta Midra : Mari Saling Bekerjasama dan Menjadi Tim yang Solid
- Perdana Bertugas, Teta Midra Sambut Kunjungan Pengurus PWI Kabupaten Solok
- Teta Midra Emban Tugas Sebagai Plt. Kepala Dinas Kominfo
- Pembahasan Rancangan Peraturan Bupati mengenai Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik
- Diskominfo Persandian dan Statistik Kabupaten Indragiri Hilir Sharing Informasi Terkait SPBE ke Kab
- Sertijab Sekretaris Dinas Kominfo Berlangsung Sederhana
- Diskusi Publik Terhadap Sektor Unggulan Pemerintah Daerah Kabupaten Solok
- Rapat Koordinasi Kepatuhan Terhadap Standar Pelayanan Publik
- Rapat Pembahasan Dan Penyiapan Bukti Pencapaian Indikator SPBE 2021
- Tekan Angka PR Covid-19, Dinas Kominfo Ajak Masyarakat Lakukan Swab Test
Tahapan Implementasi E-Government Lembaga Pemerintah
Penerapan e-government di setiap lembaga pemerintah mengacu kepada pentahapan pengembangan e-government secara nasional, dan disesuaikan dengan kondisi yang ada disetiap lembaga pemerintah yang mencakup:
a. prioritas layanan elektronik yang akan diberikan;
b. kondisi infrastruktur informasi yang dimiliki;
Baca Lainnya :
- Konsep Pengintegrasian Sistem Informasi0
- Konsep Pengembangan E-Government Lembaga Pemerintah54
- E-Government : Konsep Dan Implementasi38
c. kondisi kegiatan layanan saat ini;
d. kondisi anggaran dan sumber daya manusia yang dimiliki.
Jangka waktu penerapan e-government di setiap lembaga pemerintah bervariasi sesuai dengan kondisi yang ada, tetapi tetap dalam kerangka rencana penerapan e-government secara nasional.
Pentahapan dalam penerapan e-government di setiap lembaga pemerintah mengikuti:
- Tingkat Persiapan, antara lain:
- pembuatan situs web pemerintah (lihat buku Panduan Penyelenggaraan Situs Web Pemerintah Daerah) di setiap lembaga;
- pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia menuju penerapan e-government;
- penyediaan sarana akses publik antara lain dalam bentuk Mulipurpose Community Center (MCC), Warung dan kios Internet, dan lain-lain;
- sosialisasi keberadaan layanan informasi elektronik, baik untuk publik maupun penggunaan internal;
- pengembangan motivasi kepemimpinan (e-leadership) dan kesadaran akan pentingnya manfaat e-government (awareness building);
- penyiapan peraturan pendukung.
- Tingkat Pematangan, antara lain:
- pembuatan situs informasi layanan publik interaktif, antara lain dengan menambahkan fasilitas mesin pencari (search engine), fasilitas tanya jawab dan lain-lain;
- pembuatan hubungan dengan situs informasi lembaga lainnya (hyperlink).
- Tingkat Pemantapan, antara lain:
- Penyediaan fasilitas transaksi secara elektronik antara lain dengan menambahkan fasilitas penyerahan formulir, fasilitas pembayaran dan lain-lain;
- penyatuan penggunaan aplikasi dan data dengan lembaga lain (interoperabilitas).
- Tingkat Pemanfaatan, antara lain :
- pembuatan berbagai aplikasi untuk pelayanan G2G (Governmen to Government), G2B (Government to Bussines) dan G2C (Govern-ment to Community) yang terintegrasi;
- pengembangan proses layanan e-Government yang efektif dan efisien;
penyempurnaan menuju kualitas layanan terbaik (best practice).