Diskominfo Adakan Bimbingan Teknis Absensi Online

By diskominfo 18 Feb 2019, 15:58:47 WIB Infrastruktur TIK
Diskominfo Adakan Bimbingan Teknis Absensi Online

Keterangan Gambar : Diskominfo Adakan Bimbingan Teknis Absensi Online


(Arosuka)-Kominfo. Sekretaris Daerah Kabupaten Solok H. Aswirman SE, MM membuka Bimbingan Teknis Absensi Online Kabupaten Solok di Ruang Pertemuan Danau Dibawah Kantor Bupati Solok, Senin (18/02). Turut mendampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Solok H. Muliadi Marcos, SE, MM, Kepala Bidang BKPSDM Kabupaten Solok Jufrizal. Selain itu kegiatan ini juga dihadiri oleh Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Solok Drs. Zulmarnus, serta seluruh Kepala Sub Bagian Umum dan Operator Absensi dari semua SKPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Solok.

Diawal sambutannya Muliadi Marcos menyebutkan bahwa, pelaksanaan absensi elektronik sudah dilaksanakan sejak bulan Agustus 2018, dengan jumlah alat absensi sebanyak 33 unit yang tersebar disetiap  SKPD. Untuk tahap selanjutnta alat absensi elektronik juga akan disediakan di puskesmas, UPT dan Kecamatan di Kabupaten Solok. “Untuk operasional absensi secara elektronik, perlu ketersediaan jaringan di masing-masing SKPD, dimana pada kondisi saat ini sudah mulai diparipurnakan. Untuk beberapa akses konten-konten seperti youtube itu kita tutup dengan bandwith bervariasi sesuai dengan kebutuhan SKPD”, jelas Muliadi disela sambutannya.  Muliadi juga menyampaikan pada bimtek kali ini akan disepakati rambu-rambu dalam pelaksanaan absensi secara online. Pada bulan April nantinya SKPD akan mengirim laporan absensi masing-masing SKPD secara online ke BKPSDM. Diakhir sambutannya Muliadi meminta kepada Kasum agar selalu mengingatkan operator absensi untuk selalu menginputkan data absen apabila ada izin, sakit, DL agar informasi absensi dapat selalu akurat.

“Pelaksanaan absensi elektronik yang selama ini terlaksana, harus terus menerus dilakukan evaluasi, agar pelaksanaan absensi secara online bisa berjalan dengan baik”, ungkap Aswirman diawal sambutannya. Lebih lanjut Aswirman menyebutkan bahwa untuk absensi itu harus dipegang oleh Kasubag Umum masing-masing SKPD, guna untuk mendisiplinkan seluruh pegawai. Disetiap SKPD saat ini daftar kehadiran sudah direkap melalui absensi online, yang kemudian digunakan oleh pimpinan SKPD untuk mendisiplinkan seluruh pegawai, oleh karena itu peran Kasubag Umum mempunyai peran yang sangat penting terkait pengelolaan absensi secara online ini. Diakhir sambutannya Aswirman berharap agar setelah sistem online ini diterapkan tidak ada lagi absen yang bisa direkayasa, dan kita memperoleh hasil rekap absen yang sebenarnya. (admin)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment